eBiologi.com

6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri dilengkapi Contohnya

Seperti halnya hewan, tumbuhan juga melakukan perlindungan diri dari pemangsanya agar kelangsungan hidup dan generasinya tidak terganggu. Perlindungan diri yang dilakukan tumbuhan tentu berbeda dengan cara perlindungan diri yang dilakukan para hewan. Cara tumbuhan melindungi diri disesuaikan dengan bagian-bagian dan sifat dari tumbuhan itu sendiri. Berikut pada artikel kali ini kami akan menjelaskan cara-cara tersebut serta bagian tubuh yang digunakan lengkap dengan contohnya.


Cara Tumbuhan Melindungi Diri

Cara tumbuhan melindungi diri dapat dilakukan dengan menggunakan bagian-bagian tubuhnya, mulai dengan duri, bulu atau rambut, racun, getah, serta lewat aroma.



1. Tumbuhan yang melindungi diri dengan duri

Beberapa tumbuhan melakukan perlindungan diri dengan menggunakan duri yang ada pada tubuhnya. Perlindungan ini cukup efektif untuk mencegah dirinya dimangsa oleh hewan pemakan tumbuhan. dengan adanya duri, hewan yang tadinya hendak memakan bagian-bagian tubuh tumbuhan tersebut akan terganggu karena tertusuk oleh duri yang tajam. Beberapa contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan organ ini misalnya bunga mawar, salak, durian, putri malu, alang-alang saat masih muda, kaktus, dan lain sebagainya.

2. Tumbuhan yang melindungi diri dengan bulu atau rambut

Selain dengan duri, beberapa tumbuhan juga melakukan perlindungan diri dengan menggunakan bulu atau rambut. Sebagian di antaranya menghasilkan bulu atau rambut yang menghasilkan rasa gatal pada kulit pemangsanya. Contoh tumbuhan yang melakukan cara perlidungan menggunakan bulu misalnya bambu. Pelepah bambu berfungsi melindungi tunas pada ruas. Pelepah ini dilengkapi dengan bulu yang dapat menyebabkan gatal sehingga tunas dapat terlindungi. Beberapa contoh tumbuhan yang melindungi diri dengan bulu atau rambut lainnya yaitu ijuk dan buah rambutan.
Baca Juga : Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri

3. Tumbuhan yang melindungi diri dengan racun

Tumbuhan tertentu melindungi diri dari pemangsanya dengan memanfaatkan racun. Cara tumbuhan melindungi diri dengan racun diterapkan oleh beberapa umbi-umbian seperti singkong karet dan gadung. Selain itu, tumbuhan kecubung, jarak, dan pohon upas juga menerapkan cara ini untuk mencegah dirinya dimakan oleh hewan pemakan tumbuhan.

4. Tumbuhan yang melindungi diri dengan getah

Selain berfungsi sebagai media transportasi unsur hara dan fotosintat dalam pembuluh angkut, getah juga ternyata dapat berfungsi sebagai media perlindungan diri pada tumbuhan. Cara tumbuhan melindungi dirinya menggunakan getah diterapkan oleh tumbuhan nangka dan karet.

5. Tumbuhan yang melindungi diri dengan aroma

Beberapa tumbuhan juga ada yang melindungi dirinya dengan mengeluarkan aroma tertentu. Contohnya bunga bangkai yang sengaja mengeluarkan aroma bangkai untuk menghindari hewan lain memakannya.

6. Tumbuhan yang melindungi diri dengan cangkang keras

Beberapa tumbuhan memiliki biji yang dilengkapi dengan cangkang keras. Sebut saja buah kelapa, kelapa sawit, salak, biji mahoni, dan lain sebagainya. Cangkang tersebut juga berfungsi untuk melindungi dirinya agar tidak dimakan oleh hewan pemakan biji atau tumbuhan, sehingga ia dapat berkecambah dan dapat meneruskan kehidupannya.

Nah, demikianlah beberapa cara tumbuhan melindungi diri dan contoh-contoh tumbuhan yang dimaksud. Semoga bisa dengan mudah dipahami dan dapat membantu kesulitan Anda. Apakah ada di antara Anda yang bisa menyebutkan contoh-contoh tumbuhan lainnya yang bisa melindungi diri dengan alat-alat tersebut? Silakan tulis jawaban di kolom komentar.

0 Response to "6 Cara Tumbuhan Melindungi Diri dilengkapi Contohnya"