eBiologi.com

20+ Contoh Limbah Padat, Pengertian, Gambar, dan Penjelasannya

Berdasarkan wujudnya, limbah dapat digolongkan ke dalam 3 jenis, yaitu limbah, padat, cair, dan gas. Nah, jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang apa pengertian limbah cair dan contoh-contohnya, maka di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh limbah padat. Bagi Anda yang belum memahami apa itu limbah padat, contoh, serta tata cara penanganannya, silakan simak pembahasan berikut ini!

Pengertian Limbah Padat dan Contohnya

Limbah padat adalah suatu bahan sisa berupa fase padat yang dihasilkan dari proses produksi maupun konsumsi. Sama seperti jenis limbah lainnya, limbah padat juga dapat menimbulkan dampak serius bila tidak ditangani secara serius, misalnya terjadinya kerusakan permukaan tanah, badan air, penurunan kualitas udara, banjir, atau timbulnya bau busuk akibat dekomposisi limbah padat organik.

Contoh Limbah Padat

Berdasarkan sifat dan karakteristiknya, limbah padat sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya limbah padat yang mudah terbakar, sukar terbakar, mudah membusuk, dapat didaur ulang, limbah radioaktif. Masing-masing jenis limbah ini memerlukan teknik penanganan yang berbeda-beda. Berikut ini telah kami rangkum beberapa contoh limbah padat beserta teknik penanganannya yang efektif.

1. Limbah Plastik

Limbah plastik adalah salah satu contoh limbah padat yang menjadi masalah serius bagi lingkungan. Penggunaan plastik yang tinggi adalah penyebab utamanya. Selain itu, plastik juga sangat sulit untuk terdekomposisi karena termasuk jenis limbah anorganik. Salah satu teknik dalam penanganan limbah plastik adalah dengan daur ulang (recycle) dan penggunaan kembali (reuse) dengan memanfaatkannya sebagai bahan baku kerajinan.

2. Limbah Kertas

Kendati dampaknya tidak seserius limbah plastik, limbah kertas juga perlu diwaspadai sebagai salah satu bahan pencemar lingkungan. Terlebih kertas bekas yang mengandung banyak timbal dari tinta yang telah digunakan untuk menggoresnya. Limbah kertas dapat didaur ulang dengan mudah menjadi kertas baru, selain itu, ia juga dapat digunakan kembali sebagai bahan baku kerajinan.

3. Limbah Karet

Limbah karet adalah masalah serius. Industri otomotif dan dunia kesehatan adalah penyumbang terbesar limbah ini bagi menurunnya kualitas lingkungan hidup. Penanganan limbah karet, misalnya ban bekas atau dari alat kesehatan kerap tidak mendapatkan perhatian serius. Biasanya mereka hanya ditumpuk atau dibakar. Kedua teknik penanganan ini justru semakin memperbesar kerusakan bumi. bila ditumpuk ia akan mencemari permukaan tanah, dan bila dibakar akan merusak kualitas udara.

4. Limbah Logam

Logam seperti besi, baja, seng, almunium yang telah habis konsumsi juga merupakan contoh limbah padat. kendati begitu, keberadaan limbah ini umumnya tidak menimbulkan masalah serius karena mereka dapat didaur ulang kembali menjadi produk baru yang siap digunakan.

5. Limbah Pertanian

Proses produksi pertanian telah meningalkan banyak limbah yang perlu mendapat perhatian serius. Pupuk dan pestisida yang terbawa ke badan air misalnya dapat membuat masalah baru pada kehidupan organisme sungai. adanya kelebihan unsur Nitrogen di badan air karena akumulasi pemupukan urea telah menyebabkan terjadinya nitrifikasi dan tumbuhnya alga dan eceng gondok secara membeludak. Sementara akumulasi pestisida telah meracuni kehidupan biota laut dan menjadikan ketidakseimbangan rantai makanan karena salah satu unsur dalam rantai tersebut mengalami kelangkaan.

Nah, selain kelima contoh limbah padat di atas, sebetulnya masih banyak contoh lain yang dapat kita temukan di sekitar kita. botol air mineral, plastik kemasan jajanan, baju bekas, dan beragam produk yang kita gunakan sehari-hari pada suatu masa akan berubah menjadi limbah yang harus kita tangani supaya tidak merusak keindahan dan kesehatan lingkungan hidup kita.

0 Response to "20+ Contoh Limbah Padat, Pengertian, Gambar, dan Penjelasannya"