eBiologi.com

6 Contoh Hewan Mamalia yang Bertelur dan Gambarnya

Pada umumnya, mamalia berkembang biak dengan cara beranak atau melahirkan anak dari dalam rahim induknya. Namun, ternyata terdapat beberapa jenis mamalia yang justru melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Sebagian dari jenis mamalia tersebut ada yang sudah punah, namun ada pula yang hingga kini masih lestari dan dapat kita temukan. Lantas, apa saja contoh hewan mamalia yang bertelur itu? Berikut ini pemaparan lengkap dengan gambarnya!

Contoh Hewan Mamalia yang Bertelur

Hewan hewan dalam filum mamalia umumnya berkembang biak secara vivipar (beranak). Namun, khusus untuk hewan mamalia yang masuk ke dalam kelas monotremata, mereka justru berkembang biak dengan cara ovovivipar atau bertelur beranak. Oleh karena itu, maka mamalia-mamalia dalam kelas tersebut akan melewati fase bertelur terlebih dahulu sebelum akhirnya melahirkan anaknya. Namun, kendati melewati fase telur, hewan-hewan ini ternyata juga memiliki kelenjar susu dan menyusui bayinya seperti mamalia pada umumnya.

Contoh Hewan Mamalia yang Bertelur

1. Platipus

Platipus adalah contoh hewan mamalia bertelur yang hingga kini masih ada. Ia dapat ditemukan hidup secara berkoloni di perairan wilayah timur benua Australia. Meski berkembang biak dengan cara bertelur, hewan semi akuatik ini termasuk mamalia karena memiliki kelenjar susu dan menyusui bayi-bayinya. Bentuk tubuh platipus pada bagian paruh dan kakinya mirip seperti bebek, tak heran bila ia juga kerap dijuluki  duck-billed.

2. Ekidna

Selain platipus, contoh hewan mamalia yang bertelur lainnya yang hingga kini masih hidup adalah ekidna. Ekidna atau babi berduri adalah spesies hewan endemik Papua dan Australia. Bentuk hidungnya seperti babi, namun bulu ditubuhnya sangat kaku dan tajam.

Ekidna juga termasuk ordo menotremata sehingga ia memiliki kelenjar susu namun berkembang biak dengan cara bertelur beranak. Nama ekidna sendiri berasal dari nama monster dalam mitologi Yunani Kuno. [Baca Juga : Ciri Ciri Hewan Ovipar, Vivipar, dan Ovovivipar]

3. Obdurodon (Punah)

Obdurodon adalah spesies perkembangan tahap akhir dari nenek moyang platipus yang juga sudah punah. Bila platipus modern tidak memiliki gigi, obdurodon justru masih memiliki gigi halus untuk mengunyah makanannya.Hewan ini juga termasuk mamalia yang bertelur.

4. Teinolphos (Punah)

Teinolphos diperkirakan sebagai nenek moyang ekidna yang mengalami evolusi dan punah sejak masa Aprian dari Lower Cretaceous atau sekitar 123 juta tahun yang lalu. Dari struktur tubuh fosil hewan purba ini diketahui bahwa ia juga termasuk contoh hewan mamalia yang bertelur.

Contoh Hewan Mamalia yang Bertelur

5. Kollikodon (Punah)

Kollikodon adalah salah satu hewan dalam kelas monotremata yang telah punah. Fosil hewan ini ditemukan di Lightning Ridge, New South Wales, Australia. Oleh para ahli, hewan ini diyakini sebagai nenek moyang platipus. Bentuk giginya yang aneh dan sangat keras dipastikan berfungsi untuk mengunyah kerang yang menjadi makanan utamanya. Karena merupakan nenek moyang Platipus, para ahli juga meyakini bahwa kollikodon juga termasuk contoh hewan mamalia yang bertelur. [Baca Juga : Contoh Hewan Ovovivipar]

6. Steropodon (Punah)

Strepodon adalah nenek moyang awal dari evolusi hewan dalam kelas monotremata. Bentuk hewan ini mirip platipus dan juga berkembang biak dengan cara bertelur. Dari fosil yang ditemukan, steropodon diperkirakan hidup pada masa middle Albian stage, periode Lower Cretaceous.

Nah, itulah beberapa contoh hewan mamalia yang bertelur beserta gambar-gambarnya. Dari contoh di atas, dapat kita pahami bahwa tidak semua mamalia berkembang biak dengan cara bertelur (ovipar). Sebagian di antara mereka juga ada yang justru melakukan perkembangbiakan dengan cara bertelur dan beranak (ovovivipar). Semoga bermanfaat!

0 Response to "6 Contoh Hewan Mamalia yang Bertelur dan Gambarnya"